URGENSI LES PRIVAT BAGI ANAK

23 Nov

23 November 2012

 

 

Saudara yang budiman.. ketika berbicara terkait les privat. Tentunya akan menjadi sebuah hal yang tidak asing lagi bagi telinga kita.

Kali ini perlu dipahami juga terkait pentingnya pendampingan terhadap anak usia sekolah untuk memperdalam pelajaran yang diperoleh di sekolah. Di kota-kota besar khususnya, Jasa Bimbingan Belajar maupun Les Privat biasanya dibutuhkan oleh para orang tua yang memiliki kesibukan dan mobilitas yang tinggi. Pilihan para orang tua biasanya jatuh pada Tentor atau  Guru Les yang memberikan jasa Les Privat atau Les Kelompok di rumah kepada putra-putrinya.

Tentor biasanya diperlukan untuk membantu mendampingi anak saat membantu memecahkan kesulitan-kesulitan memahami pelajaran sekolah. Kita tentu tahu, banyaknya mata pelajaran di Sekolah baik SD, SMP maupun SMA, membuat siswa memiliki beban untuk belajar yang berbeda-beda. Tentu sulit rasanya bagi anak untuk dapat meyerap dan memahami semua mata pelajaran yang diberikan di sekolah. Apalagi kalau misalkan guru di sekolahnya tidak mampu mengajarkan dengan tepat, sehingga anak kurang bisa menyerap materi secara keseluruhan.

Psikolog Seto Mulyadi, Kak Seto, berpendapat bahwa anak perlu belajar dengan menggunakan jasa guru les dengan syarat penekanannya berdasarkan for the best for child yaitu untuk kepentingan anak, bukan orangtua.

Kak Seto juga mengatakan “Karena merupakan langkah terbaik bagi anak, maka harus ada persetujuan dengan anak. Misalnya bila anak lemah di mata pelajaran matematika, maka anak perlu didampingi oleh tutor atau guru les untuk mengajari lebih gamblang mengenai pelajaran yang tidak bisa dikuasai,” .

Cara mengetahui kapan waktu yang tepat mencari guru privat untuk anak, ada beberapa indikasi yang dapat Saudara nilai. Bisa diketahui dari nilai ujian di bawah standar, pekerjaan rumah yang tidak diselesaikan dengan baik, antipati terhadap mata pelajaran tertentu, dan kepercayaan diri yang berkurang.

Sebelum orang tua mengambil langkah menghubungi guru les, sebaiknya dilihat lebih jauh apa sebabnya, apakah karena anak memang lemah akademis atau hanya kurang motivasi. Bila orang tua telah memutuskan menggunakan jasa guru les, temui dulu guru di sekolah untuk menanyakan program yang disesuaikan kemampuan anak. Penting diketahui sebelum mereka mulai membimbing buah hati tercinta. Agar dapat meningkatkan prestasi akademis di sekolahnya.

Anak yang masih duduk di bangku SD, menurut beberapa ahli psikologi anak, merupakan momen yang tepat untuk memberi mereka les privat. Karena itu, ketika mengajari anak pada tahap SD harus edutainment yaitu belajar yang dibarengi dengan saat untuk bermain. Les ini bukan pengertian konvensional tetapi sesuai dengan suasana bermain dan belajar pada anak. Sementara untuk waktu belajar efektif bagi masing-masing anak ada yang siang atau sore hari. Tergantung pada keunikan masing-masing individu.

Meski demikian, orangtua tidak lantas melempar tanggung jawab. Sebab orangtua tetap tanggung jawab menemani anak belajar. Hal terpenting yang harus dimengerti orangtua ketika memberi anak les privat adalah fasilitator tetap berada di tangan orangtua. Selain itu, terus monitori kegiatan belajar tersebut.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: